Tips Mengatasi Sakit Gigi pada Ibu Hamil

Masa kehamilan merupakan masa yang menegangkan sekaligus membahagiakan bagi kaum ibu, terutama bagi pasangan pengantin baru. Kehamilan merupakan kado terindah yang diberikan Tuhan pasca pernikahan. Saat hamil, wanita sering mengalami berbagai macam kondisi yang berubah – ubah. Seperti mual, mudah lelah, nyeri pada punggung, muntah – muntah, bahkan hingga sakit gigi. Meskipun sakit gigi terbilang sepele bagi ibu hamil. Namun anda patut mewaspadainya. Kesalahan dalam meminum obat untuk sakit gigi dapat membahayakan janin bahkan membuat bayi lahir prematur.

Nyeri pada gigi ataupun gusi pada umumnya disebabkan oleh gigi yang berlubang. Saat ibu hamil malas untuk menyikat gigi tanpa disadari hal ini membuat kuman dan bakteri masuk dan bersarang pada gigi anda terutama yang berlubang, sehingga dapat membuat gigi anda merasa sakit seperti ditusuk – tusuk. Adapun selain jarang menyikat gigi, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan sakit gigi saat hamil, diantaranya :

  1. Perubahan Hormon yang Drastis

Perubahan hormon yang drastis memicu munculnya peradangan pada gusi. Hal ini ditandai dengan gusi yang membengkak bahkan berdarah pada saat ibu hamil menyikat gigi. Perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil ikut mengganggu sistem kekebalan tubuh ibu hamil, sehingga bakteri mudah masuk dan bersarang pada gigi ibu hamil.

  1. Muntah – muntah (Morning Sickness)

Pada saat hamil, fungsi hormon yang menjaga makanan dalam lambung terkadang ikut melemah. Hasilnya, ibu hamil kerap memuntahkan makanan yang masuk dan menyebabkan gigi terkena asam lambung dari muntahan tersebut. Saat selesai muntah, pastikan anda juga berkumur – kumur dan membersihkan seluruh bagian mulut hingga bersih. Bila perlu, selesai muntah segeralah langsung menyikat gigi dengan pasta gigi agar kuman – kuman mati.

  1. Kurangnya Kalsium

Rendahnya asupan kalsium pada ibu hamil juga kerap di identikkan dengan masalah sakit gigi pada ibu hamil. Karena, gigi akan mudah keropos dan berlubang jika asupan kalsium pada tubuh mengalami penurunan. Sangat disarankan untuk ibu hamil agar senantiasa mengkonsumsi keju, susu, maupun yoghurt untuk kebutuhan kalsium yang memadai.

Lalu bagaimana pengobatan dan perawatan sakit gigi untuk ibu hamil?. Sebaiknya jika ibu hamil merasakan sakit pada giginya, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Waktu yang tepat untuk berkonsultasi dengan dokter ialah saat usia kehamilan menginjak usia trimester kedua. Karena, pada trimester pertama merupakan waktu penting bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi, dikhawatirkan dapat mengganggu perkembangan si kecil.

Ibu hamil juga harus tahu, hindari penggunaan aspirin dan ibuprofen untuk mengobati sakit gigi. Kandungan aspirin dan ibuprofen memiliki senyawa yang berbahaya bagi janin, bahkan dapat beresiko bayi lahir dalam keadaan cacat. Sebaiknya gunakan cara lain ketika ibu hamil sedang mengidap sakit gigi. Diantaranya :

  1. Kumur – kumur dengan Air Hangat

Berkumur dengan air hangat dapat membantu menetralisir bakteri yang terdapat pada gusi maupun gigi. Anda bisa juga mencampurkannya dengan menambah sedikit garam agar membantu membunuh kuman – kuman yang bersarang di mulut.

  1. Mengompres dengan Es Batu

Kompres dengan es batu dapat membuat saraf pada gusi mati. Sehingga membantu menghilangkan rasa nyeri pada saat sakit gigi. Anda juga bisa langsung menempelkan es batu ke daerah yang dirasa sakit agar nyerinya hilang.

  1. Oleskan Minyak Cengkeh

Cara ini terbilang cukup mudah, karena anda hanya perlu mengoleskan minyak cengkeh pada kapas, lalu menempelkannya ke gigi yang sakit.

Jika cara diatas belum cukup ampuh untuk meredakan rasa nyeri, sebaiknya anda langsung konsultasi ke dokter terkait agar segera mendapatkan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *